Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia

Petunjuk Penulisan Artikel (9 Januari 201)

Paradigma: Jurnal Kajian Budaya merupakan terbitan be-review. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya menerima artikel asli mengenai berbagai masalah penting dalam ilmu pengetahuan budaya, yang mencakup, tetapi tidak terbatas pada, filsafat, ilmu susastra, arkeologi, antropologi, linguistik, sejarah, cultural studies, filologi, seni, ilmu perpustakaan dan informasi yang berfokus pada pengkajian dan penelitian yang bermanfaat. Jurnal ini memuat secara seimbang berbagai artikel mengenai penelitian teoretis, empiris, komparatif, atau eksploratoris yang berkualitas, termasuk artikel tugas akhir mahasiswa S1; resensi buku, dan ringkasan tesis/disertasi. Semua naskah—baik tulisan peserta didik di jenjang S1, S2, S3 maupun lulusan serta para ahli—yang diterima akan diterbitkan baik dalam jaringan maupun tercetak. Namun, sebelum di-review, semua naskah akan diperiksa orisinalitasnya.

Paradigma: Jurnal Kajian Budaya mulai tahun 2019 terbit tiga kali dalam setahun (April, Agustus, dan Desember). 

 

Biaya Pemrosesan dan Publikasi Naskah 

  1. Biaya Penyerahan Naskah. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya tidak memungut biaya penyerahan naskah. Artinya, keputusan suatu naskah diterima atau ditolak tidak bergantung pada biaya penyerahan naskah. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya juga tidak memungut biaya pengolahan naskah. Dengan demikian, biaya review naskah dan penyuntingan bahasa menjadi tanggung jawab jurnal ini.
  2. Biaya Publikasi Naskah. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya tidak memungut biaya penerbitan naskah layak terbit baik secara daring maupun tercetak. Dengan demikian, biaya itu menjadi tanggung jawab jurnal ini. Terbitan daring pun dapat diakses oleh pembaca secara cuma-cuma. Biaya pencetakan naskah dalam rangka penerbitan versi jurnal cetakan, menjadi tanggung jawab jurnal ini, tetapi pembaca jurnal cetakan harus mengganti biaya cetaknya.

  

Pengiriman Naskah

Naskah diserahkan secara daring melalui laman http://paradigma.ui.ac.id/index.php/paradigma/index. Berikut ini tata cara menyerahkan naskah secara daring.

 

  1. Penulis harus mendaftarkan diri agar mendapatkan akun.
  2. Penulis mendaftarkan diri dengan mengisi borang yang ada di bagian Register dan mendaftarkan diri sebagai penulis (author).
  3. Penulis yang telah masuk (login) sebagai penulis (author), klik New Submission.
  4. Tahap pengajuan ada 5, yaitu (1) Start; (2) Upload Submission; (3) Enter Metadata; (4) Upload Supplementary Files; (5) Confirmation.
  5. Tahap (1) Start, pilih Journal Section (full article), centang semua ceklist.
  6. Tahap (2) Upload Submission, sila unggah file naskah artikel dalam MS Word.
  7. Tahap (3) Enter Metadata, Penulis mengisi semua data, afiliasi, judul artikel, abstrak, kata kunci.
  8. Tahap (4) Upload Supplementary Files, Penulis dipersilakan mengunggah data pendukung.
  9. Tahap (5) Confirmation, sila klik Finish Submission, jika semua data sudah benar.
  10. Penulis yang mengalami kesulitan dalam proses pengiriman naskah melalui daring sila mengirimkan melalui email: paradigmafib@gmail.com
 

PANDUAN PENULISAN ARTIKEL

SISTEMATIKA PENULISAN ARTIKEL

Tidak ada format ketat dalam penulisan artikel. Namun, naskah harus mengandungi unsur penting: abstrak, kata kunci, pendahuluan yang mencakup latar belakang, penelitian terdahulu untuk membuktikan kebaruan penelitian, masalah penelitian; kerangka teoretis; metodologi penelitian; analisis; kesimpulan; dan daftar referensi. 

JUMLAH HALAMAN, UKURAN KERTAS, DAN SPASI

Panjang artikel 20–30 halaman, ditulis di lembaran A4 dengan spasi 1,5.

BAHASA

Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris. 

JUDUL

Seluruh judul artikel ditulis dengan huruf kapital, di tengah halaman, dengan huruf Arial Narrow, ukuran 14 pt. Panjang judul delapan kata maksimal. Jika lebih dari delapan kata, gunakan subjudul. Rumuskan judul sespesifik mungkin.

NAMA PENULIS

Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama lembaga asal, dan alamat email; ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, editor berhubungan dengan penulis utama.

ABSTRAK

Abstrak ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Urutan tempat: abstrak Inggris, lalu abstrak Indonesia. Panjang abstrak 100–150 kata. Abstrak ditulis dengan huruf Arial Narrow, ukuran 11 pt. Isi abstrak: latar belakang; tujuan penelitian; metodologi penelitian; hasil penelitian yang menunjukkan kebaruan, atau tetap relevan dalam jangka panjang, atau membuka kemungkinan penelitian baru. Hasil penelitian kuantitatif harus disertai indeks kepercayaan. Terakhir, kesimpulan yang mengungkapkan secara teoretis implikasi dari penelitian, semacam menawarkan teori “kecil”, atau meneorikan temuan penelitian.

KATA KUNCI

Kata kunci ditulis dalam dua bahasa di bawah abstrak yang bersangkutan. Kata kunci ditulis dengan huruf Arial Narrow 11 pt. Jumlah kata kunci maksimal lima kata yang relevan. Jangan menerakan nama diri (individu, tempat, Lembaga, …). Setiap kata kunci dipisahkan dengan titik koma (;).

PENOMORAN BAGIAN

Penomoran bagian-bagian artikel menggunakan angka digit (1; 1.1; dst.). Judul bagian dituliskan sebagai berikut.

1. HURUF BESAR SEMUA, TEBAL, RATA TEPI KIRI (Arial Narrow, 13 pt)

1.1    Huruf Besar Kecil, Tebal, Rata Tepi Kiri (Arial Narrow, 12 pt)

1.1.1 Huruf Besar Kecil, Regular, Rata Tepi Kiri (Arial Narrow, 12 pt)

TABEL DAN ILUSTRASI

Tabel dan ilustrasi (gambar, grafik, diagram, peta, dan foto) disajikan dengan ketentuan berikut.

  1. Diunggah juga dalam Supplementary Files.
  2. Resolusi harus tinggi, minimal 300 dpi (dalam format tiff, png, atau jpg).
  3. Ukuran gambar, grafik,  tabel, dan sebagainya disesuaikan dengan ukuran kertas.
  4. Judul tabel berada di bawah tabel, ditik di tengah dan diberi nomor urut.

Gambar, grafik, dan foto diberi bingkai (frame). Judul berada di bawahnya, ditik dari tepi kiri dan diberi nomor urut.

PENDAHULUAN

Pada bagian pendahuluan, penulis harus menjelaskan secara berurutan: latar belakang, review penelitian terdahulu (state of the art, research gap) sebagai dasar pernyataan kebaruan penelitian, permasalahan penelitian. Tujuan penelitian dituliskan di bagian akhir pendahuluan.

HASIL PENELITIAN

Bagian pembahasan hasil penelitian berisi temuan penelitian dan pembahasannya. Temuan penelitian ditunjang oleh data yang memadai. Temuan penelitian yang dimaksud di sini bukan data penelitian yang diperoleh. Temuanpenelitian harus dijelaskan secara ilmiah meliputi: Apakah temuan ilmiah yang diperoleh? Mengapa itu bisa terjadi? Mengapa tren variabelnya seperti itu? Semua pertanyaan itu harus dijelaskan secara ilmiah, tidak hanya deskriptif, dan ditunjang oleh data empiris yang memadai. Selain itu, harus dijelaskan juga perbandingannya dengan hasil para peneliti lain yang hampir sama topiknya. Hasil penelitian harus mampu menjawab hipotesis dan/atau pertanyaan penelitian yang telah dirumuskan di bagian pendahuluan.

SIMPULAN

Bagian simpulan menggambarkan jawaban dari tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil penelitian dan pembahasannya, melainkan ringkasan temuan seperti yang diharapkan dalam tujuan penelitian. Jika perlu, di bagian akhir kesimpulan dapat juga dituliskan tindakan yang akan dilakukan sebagai kelanjutan dari penelitian itu.

PENGUTIPAN DAN PENGACUAN

  • Pengutipan dan pengacuanmengikutigayaKate Turabian dalamA Manual for Writers of Research Papers, Theses, and Dissertation yang direvisi oleh Wayne C. Booth, Gregory G. Colomb, Joseph M. Williams dan The University of Chicago Press Editorial Staff, edisi ke-7, 2007. 
  • Pengutipan dan pengacuan harus dilakukan secara konsisten. Misal, jika mengutip dan mengacu dalam tanda kurung–sangat dianjurkan–di akhir tulisan diterakan “Daftar Referensi”. Namun, jika mengutip dan mengacu dalam catatan kaki—bukan catatan akhir, di akhir tulisan harus diterakan “Daftar Pustaka”.
  • Daftar referensi atau daftar pustaka hanya memuat pustaka yang diacu dalam artikel.
  • Cara menulis acuan di dalam tanda kurung dan di dalam catatan kaki berbeda. Begitu pula, cara menulis acuan di catatan kaki dan di daftar pustaka.

Untuk keterangan yang terperinci, “Penulisan Artikel” dari Word.

RINGKASAN TESI/DISERTASI

  1. Ringkasan tesis atau disertasi ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Inggris.
  2. Ringkasan memuat maksimal 25% isi tesis atau disertasi.
  3. Ringkasan tesis atau disertasi ditulis dalam format A4, spasi 1,5.
  4. Dalam ringkasan harus tercantum tujuh unsur tesis atau disertasi: (1) topik penelitian sebagai judul ringkasan yang harus sama dengan judul tesis atau disertasi; (2) latar belakang; (3) masalah penelitian; (4) kerangka teoretis; (5) metodologi penelitian; (6) analisis dan hasil penelitian; (7) kesimpulan; (8) daftar referensi/daftar pustaka (hanya pustaka yang diacu dalam ringkasan).
  5. Ringkasan ditulis dengan format esai, artinya peneliti menyusun tulisan baru, bukan menyalin bagian-bagian tesis atau disertasi. Jangan gunakan kedelapan unsur ringkasan sebagai subjudul.

Untuk keterangan yang terperinci, “Penulisan Ringkasan Tesis/Diseratsi” dari Word.

TIMBANGAN BUKU

  1. Timbangan hanya mengenai buku yang terbit tiga tahun terakhir.
  2. Ditulis dalam bahasa Indonesia akademik.
  3. Panjang timbangan 4–8 halaman, dalam lembaran A4, spasi 1,5.
  4. Foto sampul buku diunggah dalam Supplementary Files dalam resolusi tinggi, minimal 300 dpi (dalam format tiff, png, atau jpg).
  5. Nama penulis, judul, kota, penerbit, tahun terbit, jumlah halaman, ISBN.
  6. Nama peninjau buku, alamat posel, dan afiliasi.
  7. Resensi mencakup pendapat peninjau mengenai isi buku.
  8. Kesimpulan.
  9. Daftar Referensi (jika ada). Jangan gunakan catatan kaki, baik untuk penjelasan tambahan maupun untuk acuan.

Untuk keterangan yang terperinci, “Penulisan Timbangan Buku” dari  Word