REPRESENTATION OF INDONESIA IN WONDERFUL INDONESIA’S FEELING IS BELIEVING TOURISM ADVERTISEMENT: A CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS

Sisilana Diah Mariastuti Poyk, Yasmine Anabel Pandjaitan

Abstract


Artikel ini membahas representasi Indonesia dalam iklan pariwisata Wonderful Indonesia versi Feeling Is Believing (2012) melalui pendekatan analisis wacana kritis terhadapnation branding yang diwacanakan dalam iklan. Korpus penelitian ini adalah sebuah iklan pariwisata yang dikeluarkan oleh Kementrian Pariwisata Republik Indonesia pada tahun 2012. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah wacana representasi Indonesia yang dibangun dalam rangka nation branding melalui iklan pariwisata Wonderful Indonesia: Feeling Is Believing sudah sesuai dengan tujuan dibuatnya iklan. Pendekatan analisis wacana kritis yang digunakan dalam penelitian ini ialah tiga dimensi communicative events analysis yang dirumuskan oleh Fairclough (1995). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa representasi Indonesia dalam nation brand Wonderful Indonesia pada wacana iklan belum sesuai dengan tujuan dibuatnya iklan karena elemen-elemen wacana iklan dan interaksi antarelemen tersebut belum mampu membangun nation brand yang dituju oleh pemerintah Indonesia.


Keywords


Representasi; nation branding; iklan pariwisata; analisis wacana kritis.



DOI: http://dx.doi.org/10.17510/paradigma.v6i1.84

Full Text:

PDF

References


Barthes, R. 1967. Elements of Semiology. Translated by Jonathan Cape Ltd. New York: Hill and Wang.

Blommaert, Jan, and Chris Bulcaen. 2000. Critical Discourse Analysis. Annual Review of Anthropology 29: 447–466.

Bühler, K. 1990. Theory of language: The representational function of language. Foundation of Semiotic 25. Amsterdam/Philadelphia: John Benjamins.

Cook, G. 1992. The discourse of advertising, 1–59. London: Routledge.

Crouch, D., Jackson, R., & Thompson, F., eds. 2005. The media and the tourist imagination: Converging cultures. London: Routledge.

Danesi, M. 2002. Understanding media semiotics. London: Arnold.

Du Gay, Paul, ed. 1997. Production of culture/cultures of production. London: Sage in association with Open University.

El-daly, H. M. 2012. Toward an understanding of the discourse of advertising: Review of research, with special reference to Egyptian media. Global Journal of Human-Social Science Research, 12(4).

Fairclough, N. 1995. Media Discourse. London: Arnold.

Fan, Y. 2006. Branding the nation: What is being branded?. Journal of vacation marketing, 12(1), 5–14.

Gilles, J. & Middleton, T. 1999. Studying Culture: A Practical Introduction, 56–57. Oxford: Blackwell Pubslishers.

Hall, Stuart. 1997. Representation: Cultural representations and signifying practices. Vol. 2. Sage.

Kementrian Pariwisata. 2015. Perkembangan Bulanan Wisatawan Mancanegara, 2010–2014. Pemerintah Republik Indonesia.

Kementrian Pariwisata. 2014. Logo Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia. http://www.parekraf.go.id/asp/detil.asp?c=6&id=2026.

Pomering, A. 2013. Indigenous identity in the nation brand: tension and inconsistency in a nation’s tourism advertising campaigns. Corporate Reputation Review, 16 (1), 66–79.

Sompotan, J. 2015. Arief Yahya Ingin Ubah Ranking Pariwisata Indonesia. Okezone. http://lifestyle.okezone.com/ read/ 2015/ 02/ 07/ 406/ 1102684/arief-yahya-ingin-ubah-ranking-pariwisata-indonesia (accessed February 7, 2015).

Stephanie, R. F. 2014. Representasi Mooi Indie (Hindia Molek) dalam Iklan Pariwisata Indonesia (Analisis Semiotika Iklan Pariwisata Televisi (TVC) Versi Feeling Is Believing). Jurnal Ilmu Komunikasi. http://e-journal.uajy.ac.id/6577/1/JURNAL.pdf.

Panorama Magazine. n.d. Visit Malaysia Year 2014. http://www.panorama-magz.com/newsflash/visit-malaysia-year-2014.

Yee, F. W. 2009. Nation branding: A case study of Singapore. UNLV Theses/Dissertations/Professional Papers/Capstones. Paper 712.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Paradigma, Jurnal Kajian Budaya


    

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

                                      

Free counters!View My Stats