Editorial Policies

Focus and Scope

Paradigma: Jurnal Kajian Budaya adalah jurnal yang ditinjau oleh mitra bestari, berakses terbuka, yang diterbitkan oleh Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia. Jurnal ini menerima artikel asli mengenai berbagai masalah penting dalam ilmu pengetahuan budaya, yang mencakup tetapi tidak terbatas pada filsafat, ilmu susastra, arkeologi, antropologi, linguistik, sejarah, cultural studies, filologi, seni, ilmu perpustakaan dan informasi yang berfokus pada pengkajian dan penelitian. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya berupaya memuat campuran seimbang artikel mengenai penelitian teoretis atau empiris yang berkualitas tinggi, studi kasus, timbangan buku, kajian komparatif, dan makalah eksploratoris. Semua naskah yang diterima akan diterbitkan baik dalam jaringan maupun tercetak.

 

Section Policies

Articles

Editors
  • Rahayu Hidayat
Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Resensi

Editors
  • Rahayu Hidayat
Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Preface

Editorial

Editors
  • Rahayu Hidayat
Checked Open Submissions Unchecked Indexed Checked Peer Reviewed

Ringkasan Tesis/Disertasi

Editors
  • Rahayu Hidayat
Checked Open Submissions Checked Indexed Unchecked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Penyerahan dan pengolahan naskah Paradigma: Jurnal Kajian Budaya tidak berbayar.

Redaksi melakukan penilaian awal atas setiap naskah. Secara potensial, layak bahwa jurnal menyerahkan naskah untuk ditinjau. Begitu proses peninjauan selesai, redaksi memutuskan diterima, direvisi, atau ditolak.

Paradigma: Jurnal Kajian Budaya melakukan peninjauan ganda anonim. Penulis tidak diberi tahu siapa peninjau tulisannya dan peninjau tidak diberi tahu siapa penulis tulisan yang ditinjaunya. Tim peninjau dapat mengetahui identitas penulis setelah sebuah naskah diterima atau ditolak.

Keputusan mengenai naskah lazimnya memerlukan waktu empat sampai enam bulan setelah penyerahan; keterlambatan menerima hasil peninjauan dapat memperpanjang proses. Naskah akan dikirim ke tim peninjau secara elektronis dan surat-menyurat dilakukan melalui posel.

Paradigma: Jurnal Kajian Budaya menggunakan layanan deteksi plagiarism i-Thenticate dan Turnitin untuk memastikan integritas semua naskah yang diserahkan.

 

Publication Frequency

Paradigma: Jurnal Kajian Budaya terbit tiga kali setahun. Terbitan beridentifikasi Volume dan Nomor.

 

 

Open Access Policy

Paradigma: Jurnal Kajian Budaya menyediakan akses terbuka berdasarkan asas yang memungkinkan hasil penelitiang langsung digunakan oleh umum untuk mendukung pertukaran pengetahuan di tingkat global.

 

Paradigma: Jurnal Kajian Budaya (p-issn: 2087-6017; e-issn: 2503-0868) Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya menggunakan lisensi

 

Creative Commons License
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

 

Anda diperbolehkan

Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan materi ini dalam bentuk atau format apa pun;

Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apa pun, termasuk kepentingan komersial.

Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi ini.

 

Berdasarkan Ketentuan Berikut

Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukannya dengan cara yang sesuai, tetapi tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.

Berbagi Serupa — Apabila Anda menggubah, mengubah, atau membuat turunan dari materi ini, Anda harus menyebarluaskan kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama dengan materi asli.

Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.

 

Pemberitahuan

Anda tidak perlu menaati lisensi untuk bagian materi ini yang telah berada di bawah domain public atau untuk penggunaan yang diizinkan di bawah pengecualian atau pembatasan

Tidak ada jaminan yang diberikan oleh lisensi ini. Lisensi ini mungkin tidak memberikan izin yang sesuai dengan tujuan penggunaan Anda. Sebagai contoh, hak lainnya seperti hak atas potret, hak atas privasi, atau hak moral dapat membatasi penggunaan materi berlisensi CC.

 

Author Fees

  1. Biaya Penyerahan Naskah. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya tidak memungut biaya penyerahan naskah. Artinya, keputusan suatu naskah diterima atau ditolak tidak bergantung pada biaya penyerahan naskah. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya  juga tidak memungut biaya pengolahan naskah. Dengan demikian biaya peninjauan naskah dan penyuntingan naskah menjadi tanggung jawab jurnal ini.
  2. Biaya Publikasi Naskah. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya tidak memungut biaya penerbitan naskah layak terbit baik secara daring maupun tercetak. Dengan demikian, biaya itu menjadi tanggung jawab jurnal ini dan terbitan daring pun dapat diakses oleh pembaca secara cuma-cuma. Mengenai biaya pencetakan naskah dalam rangka penerbitan versi jurnal cetakan, menjadi tanggung jawab jurnal ini, tetapi pembaca jurnal cetakan harus mengganti biaya cetaknya.  
 
 
 
 


.